Kasus pengadilan Donald Trump: Bagaimana hari ini akan terungkap | Berita Donald Trump

Kasus pengadilan Donald Trump: Bagaimana hari ini akan terungkap |  Berita Donald Trump

Partai Republik akan ditahan, diambil sidik jarinya, dan diadili sebagai bagian dari kasus kriminal pertama terhadap mantan presiden AS.

Donald Trump akan menjadi mantan presiden Amerika Serikat pertama yang didakwa dalam kasus pidana.

Partai Republik itu akan hadir di pengadilan New York pada hari Selasa menyusul dakwaannya oleh dewan juri di Manhattan minggu lalu.

Penyelidikan berfokus pada pembayaran $130.000 kepada bintang porno Stormy Daniels sebelum pemilihan presiden 2016 untuk membeli kebisuannya tentang dugaan perselingkuhan antara dia dan Trump satu dekade sebelumnya. Mantan presiden itu membantah melakukan kesalahan.

Jadi apa sebenarnya yang akan terjadi pada hari Selasa?

Trump, yang menghadapi berbagai masalah hukum, sudah berada di New York setelah terbang dari kediamannya di Mar-a-Lago di Florida pada Senin.

Agen Dinas Rahasia Bersenjata akan menemaninya ke kantor kejaksaan Manhattan, yang berada di gedung yang sama dengan gedung pengadilan.

Trump diperkirakan akan diwawancarai oleh penyelidik. Pemesanan adalah proses di mana informasi tersangka kriminal ditambahkan ke sistem di kantor polisi atau penjara setelah penangkapan.

Trump, yang telah memposisikan dirinya sebagai kandidat utama Partai Republik untuk pemilihan presiden 2024, akan diambil sidik jarinya, tetapi tidak jelas apakah fotonya juga akan diambil. Mugshot adalah foto wajah seseorang yang diambil untuk tujuan resmi, biasanya catatan polisi.

Bahkan jika Trump telah mengambil fotonya, mugshot-nya mungkin tidak akan dipublikasikan. Pengacara Trump telah menyampaikan kekhawatiran bahwa kemungkinan kebocoran foto tersebut dapat mencemari kampanye presiden Trump tahun 2024.

Trump tidak berharap untuk diborgol, kata pengacaranya Joe Tacopina sebelumnya.

Sebuah surat kabar yang merinci tuntutan pidana yang diajukan terhadap Trump ditampilkan di luar Trump Tower, tempat mantan presiden AS itu tinggal di penthouse pada malam sebelum eksekusinya pada 4 April 2023 di New York (File: David ‘Dee’ Delgado/ Reuters)

Setelah dipesan, tersangka kriminal biasanya ditahan di sel dekat ruang sidang sebelum dieksekusi, tetapi Trump tidak akan menjadi salah satu dari mereka. Media AS melaporkan bahwa mantan presiden itu akan dibawa ke ruang sidang melalui koridor belakang dan lift. Dia kemudian akan memasuki koridor umum untuk memasuki ruang sidang.

Trump diperkirakan akan diadili di hadapan Hakim Juan Merchan dan secara resmi menghadapi dakwaan terhadapnya, yang belum disegel. Kasus pengadilan diharapkan berlangsung pada pukul 14:15 (18:15 GMT).

Tacopina mengatakan Trump akan mengaku tidak bersalah. Dia akan mencoba untuk membatalkan dakwaan tanpa pergi ke pengadilan, kata pengacara itu, menambahkan bahwa “nol” kemungkinan mantan presiden akan mencapai kesepakatan pembelaan dengan jaksa.

“Presiden Trump tidak akan mengambil kesepakatan pembelaan dalam kasus ini,” kata Tacopina kepada acara NBC’s Today. “Itu tidak akan terjadi. Tidak ada kejahatan.”

Setelah eksekusinya, Trump hampir pasti akan dibebaskan atas pengakuannya sendiri, yang berarti dia akan diizinkan untuk tetap bebas sambil menunggu persidangan. Kondisi mungkin melekat pada perjalanannya, tapi ini sangat tidak mungkin.

Beberapa media meminta agar kasus pengadilan disiarkan, tetapi Merchan mengesampingkannya pada Senin malam. Sebagai gantinya, sejumlah fotografer akan diizinkan untuk mengambil gambar di ruang sidang sebelum dimulainya persidangan.

Setelah sesi pengadilan selesai, media AS melaporkan bahwa Trump diperkirakan akan menelusuri kembali langkahnya ke kantor kejaksaan, kemudian ke iring-iringan mobilnya di luar. Dia tidak seharusnya keluar dari pintu depan Gedung Pengadilan Kriminal Manhattan seperti yang biasanya dilakukan tersangka karena masalah keamanan.

Trump diperkirakan akan meninggalkan New York tak lama setelah kasus pengadilan untuk Florida dan berencana untuk berpidato di Mar-a-Lago pada hari Selasa pukul 20:15 (0015 GMT Rabu).

Pakar hukum mengatakan kemungkinan persidangan setidaknya lebih dari satu tahun lagi, meningkatkan kemungkinan bahwa mantan presiden AS dapat menghadapi juri di ruang sidang Manhattan selama atau bahkan setelah kampanye presiden 2024, saat ia berusaha kembali ke Gedung Putih.

Dipercaya secara luas bahwa Trump akan melanjutkan kampanye Gedung Putih meskipun ada tuduhan kriminal.

Tidak ada dalam Konstitusi AS yang mencegah seseorang mencalonkan diri sebagai presiden saat berada di bawah dakwaan dan bahkan hukuman tidak akan mendiskualifikasi Trump dari jabatan tertinggi negara.

Keluaran SDY