Putin mengunjungi Ukraina yang diduduki: ‘Penting untuk mendengar pendapat Anda’ | Berita perang Rusia-Ukraina

Putin mengunjungi Ukraina yang diduduki: ‘Penting untuk mendengar pendapat Anda’ |  Berita perang Rusia-Ukraina

Presiden Rusia menghadiri pengarahan militer tingkat tinggi selama perjalanan ke wilayah yang sebagian diduduki oleh Moskow, termasuk Kherson dan Luhansk.

Presiden Vladimir Putin mengunjungi markas besar militer Rusia di wilayah timur Ukraina dan membahas perang dengan seorang jenderal yang bertanggung jawab atas angkatan udara yang diyakini telah mengambil peran baru yang kuat dalam invasi tersebut.

Putin menghadiri pertemuan komando militer di wilayah Kherson selatan dan mendengar laporan tentang situasi di sana, kata Kremlin pada Selasa. Dia juga mengunjungi markas di wilayah Luhansk timur Ukraina.

Kremlin juga merilis video kunjungan yang menunjukkan Putin – mengenakan jaket biru tebal – naik helikopter ke Luhansk, tetapi tidak mengatakan kapan pertemuan itu berlangsung. Pada hari Minggu, Putin berada di Moskow untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan China Li Shangfu.

Pemimpin Rusia mendengar laporan dari komandan angkatan udara dan kelompok tentara “Dnieper” dan perwira senior lainnya tentang situasi di wilayah Kherson dan Zaporizhia – yang telah dinyatakan Moskow sebagai bagian dari Rusia.

“Penting bagi saya untuk mendengar pendapat Anda tentang bagaimana situasi berkembang, untuk mendengarkan Anda, untuk bertukar informasi,” kata Putin kepada para komandan.

Kolonel Jenderal Mikhail Teplinsky, komandan angkatan udara Rusia, duduk di sebelah kanan Putin sementara Kolonel Jenderal Oleg Makarevitch duduk di sebelah kiri Putin.

Intelijen militer Inggris mengatakan pada hari Minggu bahwa Teplinsky telah diberi peran utama dalam perang tersebut.

Pertempuran untuk Bakhmut

Kherson dan Zaporizhia termasuk di antara empat wilayah Ukraina yang dianeksasi Rusia September lalu, meskipun Rusia tidak sepenuhnya mengendalikan wilayah mana pun, dalam tindakan yang dikutuk sebagai ilegal oleh Kiev dan sekutunya.

Pada November, tentara Rusia mundur dari Kherson, ibu kota regional dan kota terbesar yang direbutnya sejak invasi Februari 2022. Pasukan sejak itu memperkuat posisi di tepi seberang sungai Dnieper untuk mengantisipasi serangan balasan baru dari Ukraina.

Pasukan Rusia dan Ukraina saat ini terlibat dalam pertempuran sengit untuk menguasai Bakhmut timur, sebuah kota yang dulunya dikenal sebagai pusat penambangan garam tetapi sekarang menjadi reruntuhan.

Pasukan Rusia meningkatkan penggunaan artileri berat dan serangan udara di kota yang hancur itu, kata komandan pasukan darat Ukraina pada Selasa.

Pertempuran di dalam dan sekitar Bakhmut telah menjadi pusat perang di Ukraina selama berbulan-bulan.

“Saat ini, musuh meningkatkan aktivitas artileri berat dan jumlah serangan udara, mengubah kota menjadi reruntuhan,” kata Jenderal Oleksandr Syrskyi dalam sebuah pernyataan.

Rusia masih berkomitmen untuk mengambil Bakhmut “dengan segala cara” tetapi telah menderita kerugian yang signifikan, katanya.

Kota itu, yang memiliki populasi sebelum perang sekitar 70.000, adalah target utama Rusia dalam serangan musim dingin yang menghasilkan keuntungan sederhana meskipun pertempuran darat infanteri dengan intensitas yang tidak terlihat di Eropa sejak Perang Dunia II.

Penangkapan Bakhmut bisa menjadi batu loncatan bagi Rusia untuk maju menuju dua kota besar yang telah lama didambakannya di wilayah Donetsk di timur Ukraina: Kramatorsk dan Sloviansk.

Kepala kelompok tentara bayaran Wagner, yang mempelopori upaya Rusia untuk merebut Bakhmut, mengatakan bulan ini bahwa para pejuangnya menguasai lebih dari 80 persen kota.

Ukraina membantahnya, dengan mengatakan masih menguasai lebih dari 20 persen kota secara signifikan. Dalam beberapa minggu atau bulan mendatang, militer Ukraina diperkirakan akan melancarkan serangan balik yang bertujuan merebut kembali wilayah Rusia.

link sbobet