Pemberontak Yaman dan pemerintah selesaikan pertukaran tahanan | Berita Konflik

Pemberontak Yaman dan pemerintah selesaikan pertukaran tahanan |  Berita Konflik

Pemberontak Yaman dan pasukan pemerintah membebaskan puluhan tahanan, termasuk seorang wanita, dalam pertukaran tiga hari terakhir lebih dari 800 tahanan, meningkatkan harapan untuk mengakhiri perang berkepanjangan mereka.

Lima penerbangan membawa hampir 200 tahanan dari kedua belah pihak terbang antara ibu kota Sanaa yang dikuasai pemberontak Houthi dan kota Marib yang dikuasai pemerintah di utara.

Operasi itu “berhasil diselesaikan” pada Minggu, kata Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

ICRC mengatakan jumlah tahanan yang dibebaskan selama tiga hari menjadi 869 berdasarkan kesepakatan yang disepakati di Swiss bulan lalu.

Di antara mereka yang ditukar pada Minggu adalah seorang wanita, Samira March, yang ditahan pasukan pemerintah lima tahun lalu dan dituduh mendalangi ledakan yang menewaskan puluhan orang, kata seorang pejabat pemerintah tanpa menyebut nama.

“Dia dibebaskan dengan imbalan pembebasan wartawan yang ditahan oleh Houthi,” kata negosiator pemerintah Majed Fadail kepada kantor berita AFP.

Keempat jurnalis itu dijatuhi hukuman mati oleh Houthi yang berpihak pada Iran.

Seorang gadis berlari ke ayahnya yang dibebaskan setelah sebuah pesawat yang membawa tahanan yang baru dibebaskan mendarat di Bandara Internasional Sanaa (Khaled Abdullah / Reuters)

Fatima Sator dari ICRC, yang bepergian dengan para tahanan yang dibebaskan dalam penerbangan, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa itu adalah “momen indah yang penuh kebahagiaan dan kegembiraan yang dapat kita saksikan setiap saat di bandara.”

“Operasi ini semua tentang menyatukan kembali keluarga,” kata Sator. “Minggu ini, hampir 900 tahanan berkumpul kembali dengan keluarga mereka, yang berarti ribuan orang akan bisa merayakan Idul Fitri bersama tahun ini,” katanya.

Beberapa dari mereka yang dibebaskan pada hari Minggu dibawa ke pesawat Palang Merah dengan kursi roda. Mereka yang berjalan ke Marib diberi kantong plastik berisi makanan saat puasa Ramadhan harian selesai.

Di bandara Sanaa, para pejuang Houthi mengadakan tarian seremonial dengan pedang untuk menyambut rekan-rekan mereka.

Pada hari Jumat, 318 tahanan diangkut dengan empat penerbangan antara Sanaa dan Aden yang dikuasai pemerintah, menyatukan kembali para tahanan dengan keluarga mereka sebelum hari raya Idul Fitri.

Pada hari Sabtu, 357 tahanan melakukan penerbangan antara kota Abha di Saudi dan Sanaa. Warga Saudi termasuk di antara tahanan yang dibebaskan.

Tidak diketahui berapa banyak tahanan yang masih dimiliki masing-masing pihak.

Pertukaran tahanan Yaman
Seorang tahanan yang dibebaskan bereaksi ketika dia tiba di bandara Sanaa di tengah pertukaran tahanan antara dua pihak dalam konflik Yaman (Khaled Abdullah/Reuters)

Membangun kepercayaan

Houthi merebut Sanaa pada 2014, yang mengarah ke intervensi yang dipimpin Saudi pada tahun berikutnya. Ratusan ribu orang tewas dalam konflik tersebut, menyebabkan krisis kemanusiaan yang besar.

Gencatan senjata yang ditengahi PBB yang dimulai pada April 2022 secara tajam mengurangi jumlah korban. Gencatan senjata berakhir pada bulan Oktober, tetapi sebagian besar pertempuran telah berhenti.

Kegubernuran Marib, wilayah kaya minyak, telah mengalami beberapa pertempuran paling sengit dalam dua tahun terakhir.

Kota Marib adalah benteng terakhir pemerintah di utara, yang kini berbasis di selatan kota Aden.

Pertukaran tahanan, yang terbesar sejak lebih dari 1.000 tahanan dibebaskan pada Oktober 2020, adalah langkah membangun kepercayaan yang bertepatan dengan upaya diplomatik yang intens untuk mengakhiri perang saat mendekati usia sembilan tahun.

Analis mengatakan Arab Saudi, yang memimpin koalisi militer melawan Houthi, sekarang menerima bahwa kampanye militernya yang berlarut-larut tidak akan mengalahkan pasukan pemberontak.

Pertukaran dan pembicaraan gencatan senjata terjadi sebulan setelah kelas berat Teluk Arab Saudi dan Iran setuju untuk membangun kembali hubungan diplomatik, memicu gelombang pemulihan hubungan di seluruh wilayah.

Delegasi Saudi melakukan perjalanan ke Sanaa yang dikuasai pemberontak untuk mendorong gencatan senjata yang lebih tahan lama, bahkan ketika Houthi umumnya menolak mediasi Saudi, bersikeras bahwa kerajaan tetangga memainkan peran sentral dalam konflik yang dimainkan.

Delegasi berangkat pada hari Kamis tanpa gencatan senjata yang diselesaikan tetapi dengan rencana untuk pembicaraan lebih lanjut yang menurut Kementerian Luar Negeri Saudi pada hari Sabtu akan berlangsung “sesegera mungkin”.

Kepala politik Houthi Mahdi al-Mashat mengatakan putaran pembicaraan berikutnya dengan Arab Saudi akan dimulai setelah Idul Fitri dan diharapkan pada 21 April, kantor berita Yaman Saba melaporkan.

Para ahli mengatakan Arab Saudi kemungkinan mencari jaminan keamanan dari Iran, termasuk penghentian serangan drone dan rudal Houthi di wilayah Saudi.

PBB menganggap konflik Yaman sebagai bencana kemanusiaan yang telah mendorong negara itu ke jurang kelaparan. Perang memakan banyak korban pada infrastruktur di negara itu.

link slot demo