Kolombia meningkatkan tingkat ancaman terhadap gunung berapi Nevado del Ruiz yang mematikan | Berita Gunung Berapi

Kolombia meningkatkan tingkat ancaman terhadap gunung berapi Nevado del Ruiz yang mematikan |  Berita Gunung Berapi

Pihak berwenang melaporkan peningkatan aktivitas seismik, termasuk longsoran batu dan gempa bumi, di sekitar puncak yang tertutup salju.

Pihak berwenang di Kolombia telah memperingatkan peningkatan aktivitas seismik di sekitar gunung berapi Nevado del Ruiz, puncak yang bertanggung jawab memicu bencana alam terburuk yang tercatat di negara itu, yang menewaskan 25.000 orang pada tahun 1985.

Presiden Gustavo Petro mengatakan pada hari Jumat bahwa ancaman letusan telah meningkat, memperkuat pesan yang dikeluarkan oleh Dinas Geologi Kolombia sehari sebelumnya.

“Kami mendapat peringatan oranye karena perubahan seismologi di gunung berapi Ruiz,” tulis Petro di Twitter. “Walikota harus menyiapkan protokol untuk keadaan siaga ini.”

Peringatan oranye berarti letusan kemungkinan terjadi dalam beberapa minggu atau bahkan berhari-hari. Hanya satu tingkat yang lebih tinggi pada skala peringatan empat warna: merah, yang berarti letusan sudah dekat atau sedang terjadi.

Layanan Geologi mengeluarkan buletin Kamis yang mengumumkan peningkatan tingkat ancaman, mencatat bahwa para penelitinya telah mencatat peningkatan gempa bumi, runtuhan batu, dan melepaskan energi seismik.

Badan tersebut juga meminta masyarakat sekitar untuk “tetap tenang namun waspada” terhadap berita yang berkembang mengenai keadaan gunung berapi tersebut.

Gunung berapi Nevado del Ruiz, yang terlihat di sini pada tahun 2013, telah berada dalam periode letusan yang sedang berlangsung sejak tahun 2014, menurut Smithsonian Institute (File: John Vizcaino/Reuters)

Sejak 24 Maret, Layanan Geologi telah mendokumentasikan rekahan di sekitar lereng barat daya gunung berapi, mencapai kedalaman antara dua dan empat kilometer (1,2 hingga 2,5 mil) dari puncaknya.

Gempa bumi dan getaran di sekitar gunung berapi juga semakin meningkat. Badan tersebut mencatat 6.500 gempa bumi pada tanggal 28 Maret, kemudian 11.000 gempa bumi pada tanggal 29 Maret dan 9.600 gempa bumi pada tanggal 30 Maret pada saat buletin tersebut diterbitkan.

Namun, sebagian besar berukuran relatif kecil, dan yang paling kuat mencapai magnitudo 3,1 skala Richter.

Namun penduduk kota sekitar melalui media sosial berbagi foto dan video dari puncak tersebut, di mana abu terlihat menggelegak.

Gunung berapi Nevado del Ruiz, bagian dari Pegunungan Andes, terletak di bagian tengah Kolombia, sekitar 129 km (80 mil) dari ibu kota Bogota.

Itu adalah bagian dari wilayah yang biasa disebut “Cincin Api” – sabuk aktivitas seismik yang intens yang mengelilingi Samudra Pasifik, dari Chili hingga negara bagian Alaska AS di timur, dan dari Selandia Baru hingga Rusia di barat.

Pemandangan cakrawala kota, siluet gunung berapi
Kota-kota seperti Manizales terletak di daerah sekitar gunung berapi (File: Jaime Saldarriaga/Reuters)

Ditutupi gletser, dengan kawah selebar satu kilometer di puncaknya, Nevado del Ruiz meletus sejauh 8.600 tahun yang lalu, menurut Program Vulkanisme Global Institusi Smithsonian.

Letusan pertama yang diamati dan dicatat terjadi pada tahun 1570, dan periode letusan saat ini dimulai pada tahun 2014, kata program tersebut di situs webnya.

Namun letusannya yang paling terkenal terjadi pada 13 November 1985, ketika gunung berapi tersebut memuntahkan abu, gas, dan magma.

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS mengatakan letusan itu memuntahkan hampir 20 juta meter kubik (706 juta kaki kubik) abu dan batu dari lubangnya.

Lapisan salju yang mencair telah menyebabkan lahar yang dahsyat, aliran puing-puing yang terbuat dari batu, air, dan material vulkanik lainnya. Lahar ini menyapu lereng gunung berapi dan memasuki lembah sungai terdekat, mempengaruhi kota-kota termasuk Armero, yang diliputi lumpur dan puing-puing. Sekitar 21.000 orang meninggal di komunitas itu saja.

Itu adalah letusan paling mematikan di Amerika Selatan dan jumlah kematian terbesar keempat letusan tunggal dalam sejarah, menurut Program Vulkanisme Global.

togel hongkong