Extinction Rebellion luncurkan aksi massa empat hari di London | Berita tentang krisis iklim

Extinction Rebellion luncurkan aksi massa empat hari di London |  Berita tentang krisis iklim

Aktivis mengambil bagian dalam acara ‘The Big One’ di ibukota Inggris untuk menuntut pemerintah berbuat lebih banyak untuk mengatasi krisis iklim.

Kelompok kampanye lingkungan Extinction Rebellion telah meluncurkan aksi empat hari di London, menjanjikan lebih sedikit gangguan dan lebih banyak inklusi daripada blokade massal yang telah menjadi ciri khasnya.

“Ini tentang memperluas undangan dan membawa lebih banyak orang bergabung dalam lebih banyak grup,” kata Clare Farrell, salah satu pendiri grup yang dikenal sebagai XR, Jumat.

“Bagi banyak orang, melakukan pawai adalah langkah pertama seperti datang ke demonstrasi,” katanya kepada kantor berita AFP, menjanjikan “pembangkangan sipil tanpa kekerasan” yang ditargetkan.

Pemberontakan Kepunahan
Aktivis memprotes di luar Parlemen Inggris di London (foto Kin Cheung/AP)

XR telah mendapat perhatian media dalam beberapa tahun terakhir dengan mengganggu jalan, bandara, dan jaringan transportasi umum lainnya dengan aksi protes langsung terhadap perubahan iklim.

Tetapi pada bulan Januari untuk sementara menghentikan demonstrasi tingkat tinggi dan malah bersumpah untuk memobilisasi dalam jumlah besar melawan apa yang dilihatnya sebagai kelambanan pemerintah terhadap pemanasan global.

Kelompok itu berharap 100.000 orang akan berkumpul di luar parlemen akhir pekan ini untuk acara “The Big One”, dan sejauh ini mengatakan telah melihat 30.000 orang mendaftarkan minat mereka.

Aksi tersebut bertepatan dengan London Marathon pada hari Minggu dan pembicaraan telah diadakan dengan penyelenggara lomba untuk meminimalkan gangguan.

Dr Rita Issa, seorang dokter umum (GP) dan peneliti kesehatan iklim yang menghadiri protes pada hari Jumat, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mengatasi krisis iklim akan memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan masyarakat.

“Saya bekerja sebagai dokter umum di London Timur, di mana kami secara teratur memiliki tingkat polusi udara yang ilegal. Artinya dalam praktik bagi saya sebagai dokter adalah saya melihat anak-anak dengan kapasitas paru-paru berkurang 10 persen karena polusi udara, ”katanya kepada Al Jazeera.

“Mengambil tindakan terhadap krisis iklim baik untuk masa depan kita, tetapi juga baik untuk kesehatan penduduk di sini hari ini.”

Pemberontakan Kepunahan
Ribuan orang ambil bagian pada hari pertama protes (Henry Nicholls/Reuters)

Julia Hailes, seorang aktivis iklim selama 35 tahun, termasuk di antara mereka yang mendirikan kios di pusat kota London pada hari Jumat.

“Orang-orang menjadi sadar … bahwa kita sedang menghadapi masa depan yang menghancurkan dan kita memiliki kesempatan di mana kita harus melakukan sesuatu tentang hal itu,” katanya. “Bumi sedang sekarat. Kita harus menghentikannya.”

Putranya, Connor Bryant, 28, mengatakan anak dan cicitnya akan lebih terpengaruh oleh perubahan iklim.

“Itulah mengapa akting sangat penting bagi saya dalam beberapa hal untuk merasa seperti saya melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi semua orang yang pernah saya cintai,” tambahnya.

Dia mendesak lebih banyak orang untuk bergabung dengan gerakan tersebut: “Semakin lama bisnis dan pemerintah menunggu untuk merespons, semakin ekstrem responsnya.”

Tindakan yang lebih mengganggu dan drastis “tak terhindarkan semakin dekat kita dengan api”, katanya.

Pengunjuk rasa Lisa Milne mengatakan dia enggan mengambil tindakan yang menyebabkan “gesekan” dengan publik.

“Saya lebih bahagia kali ini untuk berkumpul dan bergabung dan menunjukkan dukungan dan menunjukkan kepedulian saya terhadap planet ini dan apa yang kami lakukan untuk itu,” tambahnya.

game slot online