Blinken memanggil Rusia ke reporter WSJ Evan Gershkovich | Berita perang Rusia-Ukraina

Blinken memanggil Rusia ke reporter WSJ Evan Gershkovich |  Berita perang Rusia-Ukraina

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov untuk meminta pembebasan Evan Gershkovich, kata Departemen Luar Negeri.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendorong pembebasan reporter Wall Street Journal Evan Gershkovich dalam panggilan telepon hari Minggu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Badan Keamanan Federal Rusia (RFD) pada Kamis mengatakan telah menangkap Gershkovich, menuduhnya mengumpulkan informasi tentang perusahaan pertahanan Rusia yang merupakan rahasia negara.

The Wall Street Journal membantah bahwa Gershkovich adalah mata-mata. Gedung Putih menyebut tuduhan spionase, yang membawa hukuman penjara hingga 20 tahun, “konyol.”

‚ÄúSekretaris Blinken menyampaikan keprihatinan serius Amerika Serikat tentang penahanan Rusia yang tidak dapat diterima terhadap seorang jurnalis warga Amerika. Sekretaris telah menyerukan pembebasannya segera,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan, yang tidak menyebutkan nama Gershkovich.

Seorang pejabat AS, yang berbicara kepada kantor berita Reuters dengan syarat anonim, mengatakan pernyataan itu merujuk pada Gershkovich.

Di bawah undang-undang AS, Departemen Luar Negeri umumnya dilarang berbicara tentang warga negara AS kecuali dia telah menandatangani pengabaian privasi.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan Lavrov mengatakan kepada Blinken bahwa Washington tidak dapat mempolitisasi kasus tersebut, menambahkan bahwa nasib Gershkovich akan diputuskan oleh pengadilan. Dia mengulangi klaim Rusia, yang tidak memberikan bukti, bahwa jurnalis itu “tertangkap basah” minggu lalu.

“Perhatian Blinken tertuju pada perlunya menghormati keputusan otoritas Rusia, yang diambil sesuai dengan hukum dan kewajiban internasional Federasi Rusia,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

“Ditekankan bahwa tidak dapat diterima bagi para pejabat di Washington dan media Barat untuk membuat kehebohan dengan maksud yang jelas untuk memberikan warna politik pada kasus ini,” tambah kementerian itu, mengatakan Blinken memulai pembicaraan.

Pembicaraan langsung antara Blinken dan Lavrov jarang terjadi sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Keduanya berbicara tatap muka untuk pertama kalinya sejak penggerebekan di sela-sela pertemuan yang lebih besar pada 2 Maret di New Delhi.

Pemimpin redaksi Wall Street Journal Emma Tucker membantah penangkapan Gershkovich dan tuduhan Rusia tentang reporter tersebut, tetapi mengatakan dia diyakinkan bahwa Blinken dan Lavrov telah berbicara.

“Benar-benar keterlaluan bahwa dia ditangkap seperti ini…apa yang dikatakan pihak berwenang Rusia benar-benar tidak masuk akal,” katanya kepada acara CBS News Face the Nation.

Gershkovich ditempatkan dalam penahanan pra-sidang hingga 29 Mei di penjara Lefortovo Moskow selama sidang tertutup pada hari Kamis.

Banyak analis Barat dan beberapa Rusia menyarankan penangkapan itu adalah langkah Moskow untuk mengamankan chip tawar-menawar dengan Washington, empat bulan setelah pertukaran tahanan profil tinggi di mana ia menukar bintang bola basket AS Brittney Griner dengan terpidana pedagang senjata Rusia Viktor Bout.

Griner mendesak pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk menggunakan “segala cara” untuk membebaskan Gershkovich.

Togel Singapore