Balita menyelinap melalui pagar Gedung Putih dan menjadi penyusup kecil | Berita

Balita menyelinap melalui pagar Gedung Putih dan menjadi penyusup kecil |  Berita

Balita itu diyakini sebagai penyusup pertama yang berhasil melewati pagar Gedung Putih yang dipasang pada 2022.

Seorang balita menyebabkan kehebohan – dan menjadi salah satu penyusup terkecil yang pernah ada – setelah dia menerobos pagar logam di luar Gedung Putih di Washington, DC.

Balita itu menyelinap melalui pagar Selasa pagi, mendorong petugas dari Divisi Seragam Dinas Rahasia Amerika Serikat untuk berjalan melintasi North Lawn rumah eksekutif untuk mencegat anak itu.

Akses ke area publik kompleks sempat dibatasi karena petugas bekerja untuk mengembalikan balita tersebut kepada orang tuanya di Pennsylvania Avenue.

Juru bicara Dinas Rahasia Anthony Guglielmi mengatakan para petugas bertemu dengan seorang pengunjung muda yang penasaran di sepanjang pagar utara Gedung Putih yang sebentar memasuki halaman Gedung Putih.

“Sistem keamanan Gedung Putih segera mengaktifkan agen Secret Service, dan balita serta orang tuanya segera dipersatukan kembali,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Layanan Taman Nasional membangun pagar baru di depan Gedung Putih pada tahun 2022, menggantikan pagar setinggi dua meter (6,6 kaki) dengan pagar setinggi hampir empat meter (13 kaki).

Layanan Taman Nasional mengatakan “pagar baru menggabungkan teknologi deteksi anti-pendakian dan intrusi dan dirancang untuk mengurangi ancaman keamanan saat ini dan masa depan”.

Halaman Utara Gedung Putih dilihat dari Pennsylvania Avenue di Washington, DC (Patrick Semansky/The Associated Press)

Meskipun lebih tinggi, pagar baru ini memiliki jarak satu inci tambahan di antara tiang, dengan total jarak 14 cm (5,5 inci) di antara tiang – jarak yang cukup untuk penyusup berukuran kecil untuk lolos.

Perampokan balita ke cabang eksekutif mungkin merupakan pembobolan pertama yang berhasil di kompleks tersebut sejak pagar baru dipasang, catat Associated Press.

Anak-anak yang lebih tua terkadang terjebak di penghalang, yang juga menjadi tempat protes, dengan pengunjuk rasa merantai diri mereka ke pagar.

Sebelum penggantian pagar, upaya – beberapa berhasil – untuk melompati penghalang relatif umum.

Seorang pria mengenakan bendera Amerika melakukannya pada 25 November saat perayaan Thanksgiving di mansion.

Pada 2017, pihak berwenang menemukan Marci Wahl yang berusia 38 tahun tergantung dengan tali sepatunya di dalam pagar di sisi selatan Gedung Putih. Rupanya dia terjebak saat mencoba menskalakan pos.

Secret Service tidak segera mengomentari insiden dengan balita itu. Petugas secara singkat menanyai orang tua sebelum mengizinkan mereka untuk melanjutkan.