Atlet Ukraina menderita larangan pemerintah: IOC | Berita perang Rusia-Ukraina

Atlet Ukraina menderita larangan pemerintah: IOC |  Berita perang Rusia-Ukraina

Ukraina mengatakan para atletnya tidak akan bertanding dalam pertandingan kualifikasi di Olimpiade Paris 2024 jika mereka harus bertanding melawan Rusia.

Komite Olimpiade Internasional telah mengkritik keputusan Ukraina untuk tidak mengizinkan atlet Ukraina berkompetisi dalam pertandingan kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024 jika mereka harus bersaing dengan Rusia, dengan mengatakan itu hanya akan merugikan olahraga Ukraina dan para atletnya.

Menteri Ukraina Oleh Nemchinov mengumumkan kebijakan tersebut pada hari Jumat setelah IOC mengeluarkan rekomendasi pada hari Selasa untuk mengembalikan atlet Rusia dan Belarusia secara bertahap ke kompetisi internasional sebagai atlet netral.

Atlet dari kedua negara telah dilarang mengikuti sebagian besar kompetisi olahraga internasional elit sejak Maret 2022 menyusul invasi Rusia ke Ukraina bulan sebelumnya.

“Jika diterapkan, keputusan seperti itu hanya akan merugikan komunitas atlet Ukraina, dan sama sekali tidak berdampak pada perang yang ingin dihentikan dunia, dan yang telah dikutuk keras oleh IOC,” kata badan Olimpiade itu pada Sabtu di ‘kata sebuah pernyataan .

“IOC selalu menyatakan bahwa pemerintah tidak berhak memutuskan atlet mana yang dapat berpartisipasi dalam kompetisi internasional mana.”

Thomas Bach, presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC).
Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach (File: Denis Balibouse/Reuters)

Nemchinov, sekretaris menteri kabinet Ukraina, mengatakan keputusan pemerintah diterima menyusul usulan Menteri Olahraga Vadym Huttsait dan federasi nasional yang mengabaikan keputusan tersebut dapat disetujui. Huttsait juga presiden komite Olimpiade Ukraina.

IOC nantinya akan membuat keputusan terpisah tentang keikutsertaan atlet Rusia dan Belarusia di Paris Games. Ukraina mengancam akan memboikot pertandingan tersebut jika Rusia diizinkan untuk bertanding.

“Karena sayangnya terlalu banyak perang, konflik bersenjata, dan krisis di dunia ini, di hampir semua edisi Olimpiade kita telah melihat para atlet bersaing satu sama lain terlepas dari kenyataan bahwa negara mereka sedang berperang atau berkonflik. kata IOC.

IOC enggan melarang warga Rusia dan Belarusia dari Paris karena khawatir akan kembalinya boikot Olimpiade di era Perang Dingin.

Pada bulan Januari, badan tersebut membuka jalan bagi mereka untuk mendapatkan slot Olimpiade melalui pertandingan kualifikasi Asia untuk Olimpiade 2024 untuk bersaing sebagai atlet netral, tanpa bendera atau lagu kebangsaan.

Beberapa federasi telah mengizinkan Rusia dan Belarusia kembali berkompetisi, tetapi rencana IOC juga ditentang oleh para atlet dan beberapa pemerintah Eropa.

Awal minggu ini a surat keras oleh lebih dari 300 mantan dan pemain anggar saat ini menuduh presiden IOC Thomas Bach – yang juga peraih medali emas Olimpiade – dan presiden federasi anggar sementara Emmanuel Katsiadakis memprioritaskan Rusia daripada Ukraina.

“Anda telah memilih kepentingan Rusia dan Belarusia daripada hak-hak atlet, terutama atlet Ukraina, dan dengan melakukan itu, Anda gagal mendukung orang-orang yang seharusnya didukung oleh organisasi Anda,” kata surat itu.

Keluaran SDY