Zelenskyy mengutuk serangan Rusia pada Minggu Palem Ortodoks | Berita perang Rusia-Ukraina

Zelenskyy mengutuk serangan Rusia pada Minggu Palem Ortodoks |  Berita perang Rusia-Ukraina

Presiden Ukraina melabeli Rusia sebagai ‘negara teroris’ dalam pidato yang mengutuk serangan yang bertepatan dengan perayaan Paskah.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengutuk serangan udara Rusia yang dilakukan selama perayaan Minggu Palem Gereja Ortodoks, termasuk serangan yang menewaskan seorang pria berusia 50 tahun dan putrinya yang berusia 11 tahun.

“Beginilah cara negara teror menandai Minggu Palem,” kata Zelenskyy dalam pidato video malamnya. “Beginilah cara Rusia menempatkan dirinya dalam isolasi yang lebih besar dari dunia.”

Layanan darurat Ukraina mengatakan pria dan putrinya tewas setelah pasukan Rusia menggerebek sebuah bangunan tempat tinggal di tenggara kota Zaporizhzhia.

Seorang wanita yang diyakini sebagai istri dan ibu korban ditemukan masih hidup di bawah reruntuhan di lokasi penyerangan.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah menghancurkan 70.000 ton bahan bakar di dekat Zaporizhzhia, serta gudang yang menyimpan rudal, amunisi, dan artileri di wilayah Zaporizhia dan Donetsk.

Komentar Zelenskyy muncul saat militer Ukraina melaporkan serangan Rusia di garis depan, dengan pertempuran paling terkonsentrasi di kota timur Bakhmut dan Avdiivka.

Zelenskyy memuji unit militer yang mempertahankan posisi di timur dan mengungkapkan harapan bahwa Minggu Palem berikutnya akan berlangsung di masa “perdamaian dan kebebasan bagi semua rakyat kita”.

Sebagian besar dari 43 juta penduduk Ukraina adalah umat Kristen Ortodoks yang mengikuti kalender Julian yang dibuat oleh kaisar Romawi Julius Caesar, yang berarti mereka merayakan Paskah seminggu lebih lambat dari mayoritas umat Kristen di Barat.

Paus Fransiskus, kepala Gereja Katolik, menggunakan pidato Minggu Paskah tradisionalnya untuk meminta Tuhan “menghibur yang terluka dan semua yang telah kehilangan orang yang dicintai” dan “membantu orang-orang Ukraina yang terkasih dalam perjalanan mereka menuju perdamaian, dan untuk menjelaskan .dari Paskah pada orang-orang Rusia‚Ä≥.

Militer Ukraina melaporkan menangkis lebih dari 40 serangan oleh pasukan Rusia dalam 24 jam terakhir, termasuk serangan yang gagal di wilayah barat kota timur Bakhmut.

Bakhmut, sebuah kota di Donetsk, adalah tempat pertempuran terpanjang dalam perang 13 bulan Rusia melawan Ukraina. Analis mengatakan Kremlin melihat pengambilan Bakhmut sebagai langkah penting untuk merebut kota-kota dan kota-kota yang penting secara strategis dan berbenteng kuat di wilayah Donbas seperti Chasiv Yar, Kramatorsk dan Sloviansk.

Pejabat Ukraina telah berjanji untuk membela Bakhmut dari serangan Rusia yang berulang kali, tetapi Zelenskyy telah mengakui bahwa pasukan dapat ditarik jika berisiko dikepung.

Pejabat Ukraina juga melaporkan bahwa Kharkiv di timur laut dan Zaporizhia di tenggara diserang rudal, roket, dan tembakan artileri.

Oleh Syniehubov, gubernur Kharkiv, mengatakan dua pria di kota Kupiansk tewas pada Minggu setelah beberapa peluncur roket menghantam daerah pemukiman.

Syniehubov mengatakan seorang pria berusia 30 tahun juga dirawat di rumah sakit dalam kondisi serius setelah menembaki kota Chuhuv.

Result SGP