Serangan rudal Israel di daerah Damaskus Suriah lukai 2 tentara | Berita Konflik

Serangan rudal Israel di daerah Damaskus Suriah lukai 2 tentara |  Berita Konflik

Dua tentara terluka dan rusak dalam serangan udara terbaru Israel di sekitar ibu kota Suriah.

Israel melakukan serangan udara terhadap sasaran di daerah Damaskus dengan ledakan keras terdengar di atas ibu kota sekitar pukul 01:20 waktu setempat (22:20 GMT), kementerian pertahanan dan media pemerintah melaporkan.

Kantor berita negara SANA mengatakan pertahanan udara Suriah “menghadapi target musuh” pada dini hari Kamis pagi.

Media pemerintah, mengutip sumber militer, mengatakan Israel meluncurkan “sejumlah rudal” dari Dataran Tinggi Golan yang ditujukan ke sekitar Damaskus, menyebabkan dua tentara terluka dan menyebabkan “beberapa kerusakan material”.

Pertahanan udara Suriah menghadapi rudal dan “menembak jatuh beberapa dari mereka”, tambah sumber itu.

“Sekitar pukul 01:20 (10:20 GMT), musuh Israel melakukan serangan udara dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki dan menargetkan beberapa posisi di sekitar Damaskus,” kata kementerian pertahanan Suriah kemudian.

Kementerian tidak memberikan perincian tentang sasaran dan mengatakan serangan itu melukai dua tentara dan menyebabkan kerusakan material.

Israel telah melakukan ratusan serangan udara terhadap sasaran di bagian Suriah yang dikuasai pemerintah dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dua serangan rudal bulan ini di Bandara Internasional Aleppo, yang merupakan serangan ketiga oleh pasukan Israel di fasilitas pengangkutan udara dalam enam bulan.

Foto satelit yang dirilis oleh Planet Labs PBC ini menunjukkan kerusakan setelah serangan Israel yang menargetkan Bandara Internasional Aleppo pada September 2022. Serangan Israel merobek lubang di landasan serta bagian landasan terdekat dan struktur di sisi militer lapangan terbang (File: Planet Labs PBC via AP)

Israel jarang mengakui serangannya di situs-situs di Suriah, yang katanya ditujukan ke pangkalan-pangkalan kelompok bersenjata sekutu Iran seperti Hizbullah Libanon, yang telah mengirim ribuan pejuang untuk mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang saudara Suriah yang pecah. pada tahun 2011.

Serangan Israel minggu lalu di bandara Aleppo membuat fasilitas itu tidak berfungsi selama dua hari. Bandara Internasional Aleppo telah menjadi saluran penting untuk aliran bantuan kemanusiaan ke negara itu sejak gempa berkekuatan 7,8 melanda Turki selatan dan Suriah barat laut pada 6 Februari, menewaskan lebih dari 50.000 orang, termasuk lebih dari 6.000 di Suriah.

Sebuah kelompok yang memantau perang sipil Suriah mengatakan serangan rudal Israel pekan lalu menghancurkan gudang senjata yang diduga digunakan oleh pejuang yang didukung Iran di bandara Aleppo. Pada 7 Maret, tiga orang tewas dalam serangan udara Israel di bandara yang juga menghentikan penerbangan selama tiga hari

Selain bandara, pesawat tempur Israel juga menargetkan infrastruktur penting lainnya, termasuk pelabuhan laut Suriah.

Israel mengatakan operasi semacam itu ditujukan untuk mencegah senjata Iran mencapai kelompok bersenjata di Suriah yang didukung oleh Teheran.

Hampir setengah juta orang tewas dalam perang sipil Suriah, dan kira-kira setengah dari populasi sebelum perang di negara itu telah diusir dari rumah mereka.

online casinos