Paus Francis diperkirakan meninggalkan rumah sakit pada hari Sabtu | Berita Kesehatan

Paus Francis diperkirakan meninggalkan rumah sakit pada hari Sabtu |  Berita Kesehatan

Vatikan mengatakan, paus berusia 86 tahun itu makan pizza dan membaptis seorang bayi setelah sembuh dari serangan bronkitis.

Paus Fransiskus diizinkan oleh dokter untuk keluar dari rumah sakit Roma tempat dia dirawat karena bronkitis pada Sabtu, kata Vatikan, menambahkan bahwa paus makan pizza dengan staf medis pada suatu malam dan membaptis bayi di bangsal anak.

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni juga mengatakan Fransiskus akan kembali ke rumah pada hari Sabtu dan dijadwalkan berada di Lapangan Santo Petrus untuk Misa Minggu Palma pada awal Pekan Suci, meskipun ia tidak mengatakan apakah Paus akan menyampaikan khotbah selama kebaktian panjang tersebut. mengantarkan.

“Tim medis yang mengikuti Yang Mulia Paus Fransiskus, setelah mengevaluasi hasil tes yang dilakukan hari ini dan pemulihan klinis yang menguntungkan, mengonfirmasi pemulangan,” kata Bruni dalam keterangan tertulis, Jumat malam.

Paus (86) dibawa ke rumah sakit dua hari lalu setelah mengeluhkan masalah pernapasan. Dia didiagnosis menderita bronkitis dan merespons dengan baik terhadap infus antibiotik, kata tim medisnya.

Menyebut pemulihan medis paus “normal,” Bruni mengatakan pada hari sebelumnya bahwa “Paus Francis makan malam Kamis malam, makan pizza, dengan semua orang yang membantunya selama tinggal di rumah sakit hari ini,” termasuk dokter, perawat, pembantu dan keamanan. personel Vatikan.

Menekankan peningkatan kesehatan paus, Vatikan merilis video yang memperlihatkan dia bangun dan membaptis bayi yang berada di ranjang rumah sakit. Dalam foto terpisah, Francis terlihat memberikan telur Paskah kepada seorang anak kecil.

Francis, yang merayakan peringatan 10 tahun kepausannya awal bulan ini, telah menderita sejumlah penyakit dalam beberapa tahun terakhir.

Dia terakhir kali dirawat di rumah sakit pada Juli 2021 ketika sebagian usus besarnya diangkat dalam operasi yang bertujuan mengatasi kondisi usus menyakitkan yang disebut divertikulitis.

Saat masih muda di Argentina, sebagian paru-paru Paus Fransiskus telah diangkat.

“Ketika dialami dengan iman, cobaan dan kesulitan hidup berfungsi untuk memurnikan hati kita, menjadikannya lebih rendah hati dan karena itu semakin terbuka kepada Tuhan,” tulis Paus di Twitter pada hari Jumat.

Vatikan tampaknya ingin segera menghilangkan kekhawatiran tentang kebugaran fisik paus untuk melanjutkan tugasnya secara penuh. Hampir segera setelah mengumumkan tanggal keluarnya Paus Fransiskus, Vatikan mengumumkan bahwa Paus akan bertemu dengan Perdana Menteri Bosnia dan Herzegovina dalam audiensi pribadi di Istana Apostolik pada hari Senin.

Sebagai tanda kepercayaan lain tentang kesehatan paus, Gereja Katolik di Marseille mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa paus akan mengunjungi kota Prancis selatan itu pada 23 September dan menghadiri pertemuan para uskup dan pemuda dari seluruh Mediterania.

HK Pool