Memetakan pertempuran sengit di Sudan | Berita Peta

Memetakan pertempuran sengit di Sudan |  Berita Peta

Tentara Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat paramiliter yang kuat bentrok di ibu kota dan kota-kota lain.

Setidaknya 185 orang tewas dan 1.800 lainnya terluka dalam tiga hari pertempuran antara faksi-faksi yang bersaing di seluruh Sudan, menurut Perwakilan Khusus PBB untuk Sudan.

Perebutan kekuasaan mengadu Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, komandan angkatan bersenjata, melawan Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, kepala Pasukan Dukungan Cepat (RSF), sebuah kelompok paramiliter.

Pertempuran pecah setelah perselisihan sengit antara al-Burhan dan Dagalo, yang dikenal luas sebagai Hemedti, atas rencana integrasi RSF ke dalam tentara reguler – syarat utama untuk kesepakatan akhir yang bertujuan mengakhiri krisis yang membuat kudeta pada tahun 2021 berlanjut. .

Peta di bawah ini menunjukkan area di mana pertempuran telah dilaporkan terjadi di seluruh negeri.

INTERAKTIF_SUDAN_FIGHTING_APRIL18_2023-1681819889
(Al Jazeera)

Khartoum

Pada Sabtu pagi, pertempuran pecah di pangkalan militer di selatan Khartoum, ibu kota negara.

Sejak itu, jutaan orang terjebak di rumah mereka atau di mana pun mereka dapat menemukan tempat berlindung, dengan persediaan yang menipis di banyak daerah.

Layanan darurat dihentikan di Rumah Sakit al-Shaab dan Rumah Sakit al-Khartoum setelah dibom pada 17 April. Rumah Sakit Al-Shaab di dekat gedung komando tentara telah menjadi sasaran penembakan terus menerus yang melukai staf dan pasien.

Ahmed Omar Khojaly, seorang jurnalis dan analis politik di Khartoum, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pemadaman air dan listrik serta “ketidakmampuan orang yang terluka untuk mencapai rumah sakit” menciptakan “krisis kemanusiaan”.

foto satelit oleh Planet Labs PBC menunjukkan kebakaran yang terjadi di dekat sebuah rumah sakit di Khartoum,
Kebakaran yang terjadi di dekat rumah sakit di Khartoum, Sudan, Minggu 16 April 2023 (Planet Labs PBC via AP)

Pertempuran sengit juga dilaporkan di dalam dan sekitar Bandara Internasional Khartoum, di mana citra satelit menunjukkan pesawat penumpang hancur total. Otoritas penerbangan sipil Sudan menutup wilayah udara negara itu setelah bandara diserang pada Sabtu.

Sudan
Bangunan terbakar dan patroli militer di timur laut Bandara Internasional Khartoum, Sudan, Senin, 17 April 2023 (Maxar Technologies via AP)
Bandara Khartoum
(Reuters)

Merowe

Pertempuran juga terjadi di kota utara Merowe.

Koresponden Al Jazeera, Osama Sid Ahmed, melaporkan dari Bandara Merowe, mengatakan telah terjadi serangan udara di sejumlah target darat RSF di daerah tersebut.

“Ada keadaan lumpuh total di kota Merowe. Kami sekarang dapat mendengar pengeboman artileri di sekitar bandara. Tidak diketahui pihak mana yang meluncurkannya,” katanya, Selasa.

Sudan
Pembakaran dan penghancuran pesawat MiG di Bandara Merowe di Merowe, Sudan, Senin, 17 April 2023 (Maxar Technologies via AP)

Melintasi negara

Berdasarkan ADUHbentrokan signifikan dilaporkan terjadi di al-Fasher di Darfur Utara, el-Obeid di Kordofan Utara, Nyala di Darfur Selatan, dan Kassala di Negara Bagian Kassala.

Pada hari Minggu, tiga karyawan Program Pangan Dunia tewas dalam baku tembak di sebuah pangkalan militer di Kabkabiya di Sudan barat.

Di bagian timur negara itu, tembakan terdengar di kota Laut Merah Port Sudan, di mana tentara Sudan mengatakan telah merebut pangkalan RSF yang strategis.

Pertempuran juga dilaporkan terjadi di Gadariff, Damazin dan Kosti.

agen sbobet