Korban tewas puncak 26 sebagai tornado merobek Midwest AS dan Selatan | berita lingkungan

Korban tewas puncak 26 sebagai tornado merobek Midwest AS dan Selatan |  berita lingkungan

Sedikitnya 26 orang tewas dan puluhan lainnya terluka setelah badai dan tornado melanda kota-kota di seluruh Amerika Serikat bagian selatan dan barat tengah.

Beberapa tornado merobek setidaknya delapan negara bagian Jumat malam, menghancurkan rumah dan bisnis serta mematahkan pohon, sebagai bagian dari sistem badai luas yang membawa kebakaran hutan ke Dataran selatan dan kondisi badai salju ke Midwest bagian atas.

Puluhan ribu kehilangan daya saat badai mencekik sebagian besar negara dengan sekitar 85 juta orang.

Korban tewas termasuk sembilan di negara bagian Tennessee, empat di negara tetangga Arkansas, dan empat di Illinois. Kematian lainnya dilaporkan di negara bagian Indiana, Alabama dan Mississippi.

Di Arkansas, Gubernur Sarah Huckabee Sanders mengumumkan keadaan darurat dan mengaktifkan 100 anggota Garda Nasional untuk membantu otoritas lokal merespons.

Empat dari kematian di Arkansas dilaporkan di kota Wynne, sebuah komunitas berpenduduk sekitar 8.000 orang. Penduduk kota yang tertegun terbangun pada hari Sabtu dan menemukan atap sekolah menengah itu robek dan jendelanya pecah. Pohon-pohon besar tergeletak di tanah, tunggulnya menjadi kuncup. Dinding, jendela, dan atap yang rusak meratakan rumah dan bisnis.

Puing-puing dan pengingat akan kehidupan biasa berserakan di cangkang rumah dan di halaman rumput: pakaian, isolasi, kertas atap, mainan, furnitur yang hancur, sebuah mobil van dengan jendela pecah.

Ashley Macmillan mengatakan kepada kantor berita The Associated Press bahwa dia, suaminya, dan anak-anak mereka meringkuk di kamar mandi kecil dengan anjing mereka saat tornado lewat, “berdoa dan mengucapkan selamat tinggal satu sama lain karena kami pikir kami sudah mati”. Sebuah pohon tumbang merusak rumah mereka dengan parah, tetapi tidak ada anggota keluarga yang terluka.

“Kami bisa merasakan rumah berguncang, kami bisa mendengar suara keras, piring-piring berderak. Setelah itu baru tenang,” ujarnya.

Pemulihan sudah berlangsung, dengan para pekerja menggunakan gergaji mesin untuk menggergaji pohon tumbang dan buldoser memindahkan material dari bangunan yang runtuh. Truk utilitas bekerja untuk memulihkan tenaga.

Warga mengungsi
Sisa-sisa lingkungan Walnut Ridge yang rusak di Little Rock, Arkansas (Benjamin Krain/Getty Images)

Di daerah Little Rock di Arkansas, setidaknya satu orang tewas dan lebih dari dua lusin terluka, beberapa kritis, kata pihak berwenang.

Walikota Little Rock Frank Scott mengatakan 2.100 rumah dan bisnis berada di jalur tornado, tetapi tidak ada perkiraan berapa banyak yang rusak.

Don Nichols, manajer bisnis piano di Little Rock, mengatakan dia berlindung di bawah tangga tokonya saat tornado menerjang.

“Kami hanya mengalami sedikit kerusakan pada toko kami. Hanya sebuah jendela yang roboh dan ubin langit-langitnya jatuh,” katanya kepada Al Jazeera. “Tapi restoran di sebelah kita tutup. Dindingnya benar-benar ditarik keluar.”

Di Tennessee, setidaknya tujuh orang tewas di McNairy County, sebelah timur kota Memphis, di sepanjang perbatasan Mississippi, kata David Leckner, walikota Adamsville.

“Mayoritas kerusakan terjadi pada rumah dan daerah pemukiman,” kata Leckner, seraya menambahkan bahwa meskipun tampaknya semua orang telah dihitung, para kru akan pergi dari pintu ke pintu untuk memastikan.

‘Semuanya Hancur’

Di Belvidere, Illinois, sebagian atap Teater Apollo runtuh saat sekitar 260 orang sedang menonton konser heavy metal.

“Lampu padam, saya mendengar suara berisik. Semuanya berantakan,” kata Jessica Hernandez, yang berada di teater pada hari Jumat, kepada Reuters dalam sebuah wawancara. Hernandez, 18, mengatakan teman-temannya meyakinkannya untuk menghadiri konser tersebut.

Beberapa penonton konser menarik seorang pria berusia 50 tahun dari puing-puing, tetapi dia sudah meninggal ketika petugas darurat tiba. Para pejabat mengatakan 40 orang lainnya terluka, termasuk dua dengan luka yang mengancam jiwa.

“Mereka menyeret seseorang keluar dari puing-puing, dan saya duduk di sampingnya dan saya memegang tangannya dan saya (memberi tahu dia) ‘Ini akan baik-baik saja.’ Saya benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan,” kata pengunjung konser Gabrielle Lewellyn kepada WTVO-TV.

Para kru bekerja pada hari Sabtu untuk membersihkan Apollo, dengan forklift mengangkut batu bata yang tergantung longgar. Pemilik bisnis mengambil pecahan kaca dan menutupi jendela yang pecah.

Kerusakan akibat tornado di Sullivan, Indiana
Setidaknya tiga orang tewas di Indiana’s Sullivan County, di mana keadaan darurat diberlakukan (Doug McSchooler / AP)

Di Crawford County, Illinois, tiga orang lagi tewas dan delapan lainnya cedera setelah tornado mendarat di sekitar New Hebron, kata Ketua Dewan County Bill Burke.

Sheriff Bill Rutan mengatakan 60 hingga 100 keluarga mengungsi.

“Kami memiliki kru darurat yang mengeluarkan orang-orang dari ruang bawah tanah mereka karena rumah itu runtuh menimpa mereka, tetapi untungnya mereka memiliki tempat yang aman untuk pergi,” kata Rutan pada konferensi pers.

Tiga orang lagi tewas di Indiana’s Sullivan County, dekat garis Illinois sekitar 95 mil (150 km) barat daya Indianapolis. Keadaan darurat telah diumumkan untuk daerah yang terkena dampak, kata para pejabat.

Walikota Sullivan Clint Lamb mengatakan kepada wartawan bahwa area di selatan kursi county yang berpenduduk sekitar 4.000 “pada dasarnya tidak dapat dikenali sekarang” dan beberapa orang diselamatkan dari puing-puing dalam semalam.

Ada laporan sebanyak 12 orang terluka, katanya, dan tim SAR menyisir daerah yang rusak.

Tornado lain yang dicurigai telah menewaskan seorang wanita di Madison County, Alabama utara, kata Petugas County Mac McCutcheon. Dan di Pontotoc County Mississippi utara, para pejabat mengkonfirmasi satu kematian dan empat luka-luka.

Diperlukan waktu berhari-hari untuk menentukan jumlah pasti tornado, kata Bill Bunting, kepala operasi prakiraan di Pusat Prediksi Badai. Ada juga ratusan laporan hujan es besar dan angin yang merusak, katanya.

“Ini hari yang sangat aktif,” katanya. “Tapi itu belum pernah terjadi sebelumnya.”

Menurut PowerOutage.us, lebih dari 530.000 rumah dan bisnis di daerah yang terkena dampak mati listrik pada Sabtu sore, setidaknya 200.000 di antaranya di Ohio.

Sistem badai yang meluas juga membawa kebakaran hutan ke Dataran selatan, dengan hampir 100 kebakaran baru dilaporkan terjadi di Oklahoma pada hari Jumat, menurut Dinas Kehutanan negara bagian.

Setidaknya 32 orang terluka dalam kebakaran tersebut, menurut Departemen Kesehatan Negara Bagian Oklahoma. Ada laporan lebih dari 40 rumah hancur di seluruh negara bagian.

Badai juga menghasilkan kondisi badai salju di Upper Midwest.
Ancaman tornado dan hujan es tetap ada di Timur Laut, termasuk di beberapa bagian Pennsylvania dan New York.

Cuaca berangin datang setelah Presiden Joe Biden mengunjungi puing-puing badai besar yang melanda negara bagian Mississippi minggu lalu.

Kawanan badai melepaskan tornado mematikan yang menghancurkan kota Rolling Fork di Mississippi, menghancurkan banyak dari 400 rumah masyarakat dan menewaskan 25 orang. Satu orang meninggal di negara tetangga Alabama.

Biden berjanji untuk membangun kembali di Mississippi ketika ahli meteorologi memperingatkan jutaan orang untuk bersiap menghadapi badai besar yang terjadi di setidaknya 15 negara bagian di Midwest dan AS bagian selatan, dengan lebih dari 85 juta orang di bawah peringatan cuaca pada hari Jumat.

Result SGP