Anggota parlemen Nashville yang ditangguhkan kembali ke badan legislatif Tennessee | Berita Politik

Anggota parlemen Nashville yang ditangguhkan kembali ke badan legislatif Tennessee |  Berita Politik

Seorang anggota parlemen Demokrat yang diskors dari Badan Legislatif Tennessee minggu lalu telah diangkat kembali untuk mengisi kursi kosongnya untuk sementara.

Dewan Metro Nashville memilih Senin untuk mengembalikan Justin Jones, 27, perwakilan negara bagian pertama yang diskors dari Badan Legislatif karena melanggar aturan kamar tentang kesopanan tanpa penyelidikan atau tuduhan pelanggaran serius di muka.

“Saya ingin menyambut orang-orang kembali ke rumah rakyat. Saya ingin menyambut demokrasi kembali ke rumah rakyat,” kata Jones sekembalinya ke lantai Dewan Perwakilan negara bagian, Senin.

Pemecatannya pada 6 April segera diikuti oleh pemecatan Justin Pearson, 28, seorang rekan Demokrat yang mewakili bagian dari Memphis. Demokrat ketiga, Gloria Johnson, lolos dari pengusiran dengan satu suara.

Johnson berkulit putih. Pearson dan Jones berkulit hitam, mengarah pada tuduhan bias rasial dan partisan di badan legislatif negara bagian yang sangat Republik.

Justin Jones meninggalkan Gedung Pengadilan Metro Bersejarah di Nashville, Tennessee, setelah diangkat kembali sebagai perwakilan negara (Cheney Orr/Reuters)

“Pemungutan suara sore ini belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Walikota Nashville John Cooper, Senin.

“Tapi itulah langkah-langkah yang diambil untuk memberhentikan anggota legislatif. Pemilih di Distrik 52 memilih Justin Jones untuk menjadi suara mereka di gedung negara bagian, dan suara itu dicabut minggu lalu. Jadi mari kita kembalikan suara mereka.”

Dia mendesak dewan untuk mempekerjakan Jones dengan suara bulat, dan dewan mematuhi suara 36 banding nol.

Jones, Pearson, dan Johnson semuanya didakwa melanggar kesopanan setelah memimpin protes 30 Maret di lantai Dewan Perwakilan negara bagian menyusul penembakan massal yang mematikan di The Covenant School, sebuah lembaga swasta yang menawarkan pendidikan dari taman kanak-kanak hingga kelas enam.

Penembakan itu menewaskan tiga anak berusia 9 tahun dan tiga orang dewasa. Protes menyerukan kontrol senjata yang lebih besar setelah penembakan, dan Jones serta Pearson menggunakan pengeras suara untuk didengarkan selama protes.

Keputusan untuk mengusir dua anggota parlemen kulit hitam menarik perhatian nasional ke badan legislatif Tennessee, dengan para kritikus menyebut pengusiran itu anti-demokrasi.

“Dewan mengikuti hukum,” tulis Partai Demokrat Tennessee di media sosial, memuji pemungutan suara hari Senin. “Sudah waktunya bagi Ketua Partai Republik untuk melakukan hal yang sama dan menyumpahnya kembali ke Gedung Negara.”

Justin Jones mengacungkan tinjunya saat berjalan di lorong Dewan Perwakilan Rakyat negara bagian
Justin Jones kembali ke Dewan Perwakilan Tennessee pada hari Senin setelah diskors karena memimpin protes pengendalian senjata (Cheney Orr / Reuters)

Dalam mencalonkan Jones untuk kembali ke kursi yang digulingkannya pada hari Senin, Anggota Dewan Nashville Delishia Porterfield mengecam badan legislatif negara bagian karena meluncurkan “serangan keji terhadap demokrasi kita.”

“Dengan pemungutan suara ini, kami akan mengirimkan pesan yang kuat kepada pemerintah negara bagian kami dan di seluruh negeri bahwa kami tidak akan mentolerir ancaman terhadap demokrasi kami,” kata Porterfield.

Bersama-sama, Jones dan Pearson mewakili hampir 140.000 pemilih sebagai legislator terpilih masing-masing untuk distrik 52 dan 86.

Pada hari Senin, Pearson merayakan pemulihan rekannya dengan pidato yang mengutip sebuah ayat Alkitab.

“Kebenaran akan mengalir seperti air, dan kebenaran seperti aliran yang selalu mengalir. Itu akan terjadi, ”kata Pearson kepada kerumunan pendukung.

“Kamu bisa mencoba membungkamnya. Anda bisa mencoba menghilangkannya. Tapi kekuatan rakyat tidak akan berhenti. Kekuatan rakyat tidak akan berhenti. Karena seperti itulah demokrasi.”

Seorang wanita tersenyum pada Justin Pearson, yang menantikan kebaktian gereja
Justin Pearson, terlihat di sini selama kebaktian Minggu Paskah 9 April, juga diskors dari kursinya di badan legislatif (Karen Pulfer Focht/Reuters)

Pearson juga berharap untuk kembali ke legislatif saat Dewan Komisaris Shelby County bertemu Rabu ini untuk mempertimbangkan pemulihannya.

“Merupakan kehormatan dalam hidup saya untuk melayani Distrik 86 sebagai Perwakilan DPR mereka. Saya hanya ingin melayani lagi, ”tweet Pearson Senin.

Baik dia dan Jones telah mengindikasikan bahwa mereka akan mencalonkan diri dalam pemilihan khusus mendatang untuk secara permanen mengisi kursi yang dibiarkan terbuka oleh pemecatan mereka. Legislatif daerah di Tennessee diberi wewenang untuk menunjuk perwakilan sementara jika kursi kosong.

Para pengunjuk rasa berkumpul sebelum pemungutan suara pada hari Senin untuk menunjukkan dukungan mereka kepada Jones, melambai-lambaikan tanda dan meneriakkan “Rumah siapa? Rumah kami!” dan “No Justin, no peace”, sebuah plesetan dari slogan hak-hak sipil, “No justice, no peace”.

Administrasi Presiden AS Joe Biden, seorang Demokrat, juga menentang pengusiran Jones dan Pearson. Wakil Presiden Kamala Harris terbang ke Tennessee pada hari Jumat untuk bertemu dengan anggota parlemen, dan Biden menelepon “Tennessee Three” untuk mengundang mereka ke Gedung Putih hari itu juga.

Justin Pearson mengangkat tangan dan melambai dari galeri di atas badan legislatif
Justin Pearson melambai kepada perwakilan negara bagian yang baru diangkat kembali Justin Jones dari galeri di atas Dewan Perwakilan Tennessee di Nashville (Cheney Orr / Reuters)

Sebelum pemungutan suara 6 April untuk menggulingkan Pearson dan Jones, Badan Legislatif Tennessee telah menggunakan kekuasaannya untuk mengeluarkan anggota hanya tiga kali.

Pertama kali terjadi pada tahun 1866, setelah Perang Saudara, ketika anggota parlemen mencoba memblokir amandemen konstitusi yang akan memberikan kewarganegaraan kepada semua orang yang lahir di AS, tanpa memandang ras – memberi mereka perlindungan yang sama di bawah hukum.

Kali kedua datang pada tahun 1980 ketika seorang wakil negara menerima suap. Dan ketiga kalinya terjadi pada tahun 2016 ketika seorang anggota parlemen dituduh melakukan pelecehan seksual.

Karena memprotes di lantai DPR, Jones dan Pearson dituduh mengganggu proses dan membawa “kekacauan dan aib” ke majelis. Mereka dikeluarkan menurut garis partai, dengan suara masing-masing 72 banding 25 dan 69 banding 26.

link alternatif sbobet